Untitled Document
Komisi untuk Orang Hilang dan Korban
Tindak Kekerasan
Untitled Document Pencarian detail

IND | ENG
Untitled Document
Untitled Document
   
PENCARIAN DETAIL
Keyword:
Kanal:
Kasus :
Isu :
hak :
Aktor Pelaku :
Wilayah :
Periode: -


SIARAN PERS
Menampilkan 194 Hasil Pencarian
Previous 1 2 3 4 5 6 7 8 9 ... 13 Next All

Pengusutan Peristiwa Kekerasan terhadap Anggota AJI Palu
Tgl terbit: Kamis, 30 Desember 2010
Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) mendapatkan informasi terjadinya penyerangan ke Kantor Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Palu pada hari Kamis, 30 Desember 2010 pukul 10.30 WITA oleh sekelompok orang yang mengatasnamakan Forum Pemuda Kaili (FPK).
SURAT TERBUKA AWAL TAHUN
Penyampaian Keprihatian dan Tawaran Solusi Penyelesaian : Satu Tahun Penegakan HAM di Tanah Papua 2010

Tgl terbit: Rabu, 29 Desember 2010
Melalui surat ini, kami bermaksud menyampaikan rasa keprihatinan yang dalam atas situasi hak asasi manusia di Papua. Setiap waktu masih saja terjadi peristiwa kekerasan yang melahirkan korban karena minimnya perlindungan keamanan bagi rakyat Papua, sebagaimana dijamin oleh konstitusi RI.
Tegakkan Keadilan dan Harga Diri Bangsa 4 Tahun 7 Bulan Tragedi Lumpur Lapindo
Tgl terbit: Rabu, 29 Desember 2010
(Jakarta, 29/12/2010) Hingga penghujung tahun 2010, kasus lumpur Lapindo semakin gelap dan jauh dari rasa keadilan, bahkan menimbulkan kesan bahwa kasus lumpur Lapindo telah usai dan dibiarkan tanpa ada langkah pasti penyelesaian.
Catatan Akhir tahun 2010 tentang situasi HAM Indonesia (KontraS, Des 2010)<br>Hampa Perlindungan Hak Asasi Terhadap Warga Negara Catatan Akhir tahun 2010 tentang situasi HAM Indonesia (KontraS, Des 2010)
Hampa Perlindungan Hak Asasi Terhadap Warga Negara

Tgl terbit: Selasa, 28 Desember 2010
Catatan akhir tahun ini dibuat untuk menilai situasi penegakan Hak asasi Manusia (HAM) di Indonesia sepanjang 2010. Penilaian tersebut dilakukan dengan melihat sejauh mana Negara melakukan penghormatan (to respect), perlindungan (to protect) dan pemenuhan (to fulfil) terhadap hak asasi manusia di yurisdiksinya. Penghormatan mengandaikan adanya pengakuan aturan-aturan hukum atas hak asasi manusia. Sementara perlindungan mengandaikan adanya peran Negara secara aktif dalam melindungi setiap individu warganya dari ancaman kekerasan
"Mendesak Negara Membuka Gembok Panti Asuhan Khasanah Kautsar, Tasikmalaya"
Tgl terbit: Senin, 27 Desember 2010
Jakarta. 27 Desember 2010. Dua puluh hari sudah anak-anak Panti Asuhan Khasanah Kautsar, Tasikmalaya hidup dalam isolasi penggembokan yang dilakukan Polisi dan Kejaksaan Negeri. Pengembokan ini menyebabkan anak-anak hidup dalam ketakutan, terasing dan bahaya fisik. Mereka harus memanjat pagar 3 meter untuk bersekolah dengan suply makanan yang terbatas karena kesulitan akses.
Aksi UIN: Penanganan polisi yang gagap
Tgl terbit: Jumat, 24 Desember 2010
Kontras mencatat banyak pemukulan yang dilakukan oleh polisi dalam menghadapi demostrasi yang dilakukan mahasiswa UIN kemarin, 23 Desember 2010. Aksi yang dilakukan di sekitar kampus menjelang kedatangan Wapres Boediono dalam rangka memberi kuliah umum berakhir dengan kekerasan pihak kepolisian kepada mahasiswa UIN saat itu. Sekitar 11 mahasiswa dilarikan ke rumah sakit UIN untuk mendapat perawatan. Beberapa dari mereka juga harus mendapat perawatan yang intensif. Bentuk kekerasan yang dilakukan oleh polisi adalah pemukulan
Deklarasi Kampung Damai di Bener Meriah<br>
KPCD Ajak Siarkan Hakikat Perdamaian Deklarasi Kampung Damai di Bener Meriah
KPCD Ajak Siarkan Hakikat Perdamaian

Tgl terbit: Rabu, 22 Desember 2010
(Bener Meriah): Komunitas Perempuan Cinta Damai (KPCD) bertekad untuk terus mengawal perdamaian Aceh dengan semangat persaudaraan. Hal ini disampaikan melalui deklarasi 'Kampung Damai' yang berlangsung Rabu, 22 Desember 2010 di lapangan Simpang Tiga-Redelong, Kecamatan Bukit, Bener Meriah.
Selamat Datang Konvensi Anti Penghilangan Paksa
Tgl terbit: Rabu, 22 Desember 2010
Pertama - tama, kami menyampaikan selamat hari Ibu (22 Desember). Bertepatan dengan hari Ibu, kami ingin memberikan apresiasi secara khusus kepada para Ibu yang tetap gigih mencari anak - anak mereka yang belum kembali hingga saat ini. Dalam sejarah gerakan sosial, gerakan para ibu tidak sedikit memberikan kontribusi pada perubahan, tidak terkecuali para Ibu Plaza de Mayo di Argentina
SURAT TERBUKA KontraS
"Ancaman terhadap Jurnalis, Ancaman Terhadap Demokrasi Indonesia"

Tgl terbit: Senin, 20 Desember 2010
Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) sangat prihatin dengan praktek kekerasan yang terus terjadi terhadap para jurnalis. Kali ini kekerasan terjadi terhadap jurnalis 'Pelangi' di Maluku, Alfrets Mirulewan. Alferts ditemukan pada Jum'at dinihari di pantai Kisar (Kabupaten Maluku Barat Daya). Dugaan awal, Alfrets dibunuh. Atau setidak-tidaknya Alfrets meninggal dengan cara yang tidak wajar.
Agenda HAM dalam Program Legislasi Nasional 2011
Tgl terbit: Minggu, 19 Desember 2010
Pada 14 Desember 2010 DPR mengesahkan program legislasi nasional (Prolegnas) 2011 sebagaimana yang menjadi mandat (pasal 15 dan 16) Undang-undang nomor 10 tahun 2004 tentang tata cara penyusunan peraturan perundang-undangan. Paripurna DPR RI mengesahkan 70 RUU prioritas Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2011 dan lima daftar RUU kumulatif terbuka yang bersisi tentang perjanjian internasional; akibat keputusan Mahkamah Konstitusi;
SURAT : Masukan terhadap Draft Revisi Perpres Kompolnas
Tgl terbit: Sabtu, 11 Desember 2010
Melalui surat ini, KontraS bermaksud menyampaikan masukan terhadap Draft Revisi Perpres tentang Komisi Kepolisian Nasional yang saat ini sedang dibuat oleh Kompolnas. Kami meminta agar pengesahan dari draft revisi Prepres tentang Kompolnas ini ditunda untuk menjawab kebutuhan Kompolnas yang ideal dan menjadi tuntutan publik.
NGO's press release in conjunction with the 3rd Bali Democracy Forum and the International Human Rights Day
Tgl terbit: Jumat, 10 Desember 2010
(Denpasar, 10 December 2010) The Bali Democracy Forum should adopt a human rights based approach in dealing with democracy and be more open to engagement with all stakeholders in democratization, a group of Asian non-governmental organizations (NGO) made the call today on the occasion of the International Human Rights Day.
Surat : Permohonan Penjelasan Status Hukum dan Jaminan Hak Narapidana terhadap Filep Karma, Buchtar Tabuni dan 3 terpidana lain di Jayapura
Tgl terbit: Kamis, 09 Desember 2010
KontraS (Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan) telah menerima pengaduan dari keluarga Filep Karma dan Buchtar Tabuni terkait pemindahan Filep Karma, Buchtar Tabuni, Dominggus Pulalo, Alex Elopere dan Lopes Karubaba dari LP Abepura ke tahanan Polda Papua, 3 Desember 2010 lalu.
Surat : Permohonan Penjelasan Status Hukum dan Jaminan Hak Narapidana terhadap Filep Karma, Buchtar Tabuni dan 3 terpidana lain di Jayapura
Tgl terbit: Kamis, 09 Desember 2010
KontraS (Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan) telah menerima pengaduan dari keluarga Filep Karma dan Buchtar Tabuni terkait pemindahan Filep Karma, Buchtar Tabuni, Dominggus Pulalo, Alex Elopere dan Lopes Karubaba dari LP Abepura ke tahanan Polda Papua, 3 Desember 2010 lalu.
Refleksi Penegakan HAM di Era Otonomi Khusus Papua :
Kekerasan Masih Terus Berlanjut

Tgl terbit: Kamis, 09 Desember 2010
Otonomi khusus lahir dari sebuah pergumulan dimana orang Papua selalu menjadi obyek dari pembangunan tersebut. Implikasinya melahirkan banyak peristiwa kekerasan atau pelanggaran HAM yang di alami oleh orang Papua dari tahun ke tahun. Akan hal itu di akui secara tegas dalam UU Otsus Papua pada bagian menimbang huruf (F) Kemudian di uraikan lebih lanjut lagi dalam pasal.45 sd pasal 47, artinya bahwa negara mengakui telah terjadi kesalahan menerapkan kebijakan di tanah Papua. Harapan akan lahirnya "ratu adil"

Untitled Document
ARTIKEL TERPOPULER

Dua Tahun Pemerintahan Widodo-Kalla: Minim Prestasi, Gemar Klaim Sepihak Keberhasilan Penegakan Hukum Dan HAM
Hilangnya Wiji Thukul
Penembakan dan Pembunuhan Sewenang – Wenang di Enarotali, Paniai;
Segera Bentuk Tim Independen, Pulihkan Korban dan Masyarakat;

Peringatan Hari HAM Sedunia 10 Desember 2014
HAM hari ini: Siapa yang akan bertanggung jawab?

Surat Terbuka :
"Mendesak Komnas HAM untuk Membentuk Tim Penyelidikan Terkait Dugaan Peristiwa Kejahatan Terhadap Kemanusiaan di Paniai"

Komnas HAM Harus Segera Keluarkan Rekomendasi Hasil Penyelidikan Kasus Pelanggaran HAM Berat Aceh
Pemerintah Indonesia Tidak Pro HAM dan Demokrasi Dengan Kembali Abstain dalam Resolusi PBB Terhadap Korea Utara
Bentrokan TNI Vs Polri: Ancaman Atas Rasa Aman Bagi Masyarakat
Peringatan 66 Tahun Hari HAM Internasional :
Hentikan Penyiksaan dan Penuhi Hak-Hak Korban

Komnas HAM dan Kejaksaan Agung harus Segera Panggil AM. Hendropriyono
Pembebasan Pollycarpus: Negara tidak berdaya terhadap pelaku kejahatan kemanusian
Menanggapi pro dan kontra Pengakuan Prabowo Subianto atas keterlibatannya dalam kasus penculikan aktivis 1997-1998
Surat Terbuka: Desakan kepada Panglima TNI untuk menindak tegas anggota TNI pelaku penyerbuan terhadap petugas Satpam Kramat Jati
Proses Penyelesaian Kasus Penculikan dan Pelanggaran HAM
Mempertanyakan Komitmen Indonesia sebagai Anggota Dewan HAM PBB Periode 2015 – 2018
Surat Terbuka: Desakan kepada Kapolri untuk mengusut Tuntas Praktik Mafia Perdagangan Orang di institusi Polda NTT
Pernyataan Sikap Bersama 16 Tahun Tragedy Semanggi I Presiden, Pilihlah Jaksa Agung Bermental Baja
Hentikan Perampasan Tanah, Intimidasi, Kekerasan dan Kriminalisasi Terhadap Petani Takalar, Sulawesi Selatan
Kedatangan dan Tuntutan Keluarga Tengku Bantaqiyah
Laporan Lanjutan Kerusuhan Sambas
15 tahun Tragedi Semanggi I : Mereka Lupa, Kami Luka
Surat : Penolakan Pemberian Gelar Pahlawan Bagi (alm.) Soeharto
Potret Penanganan Kasus Pelanggaran HAM di Papua Komnas HAM Gagal Menghadirkan Keadilan
POLEMIK PENYELESAIAN KASUS PELANGGARAN HAM
English
Presiden Jokowi; Pilih Jaksa Agung yang Berani Melakukan Penyidikan Kasus Pelanggaran HAM Berat
Media Sosial |        
KABAR TERKINI
Untitled Document
SIARAN PERS
BERITA
OPINI
DATA
KEGIATAN
KAMPANYE
Untitled Document

Copyright © 2015 | www.kontras.org
JL. Kramat II No. 7, Kwitang, Senen | Jakarta Pusat 10420
Tlp: 021-3919097, 3919098 | Fax: 021-3919099 | Email: kontras_98@kontras.org | Webmaster: pemelihara@kontras.org