Untitled Document
Komisi untuk Orang Hilang dan Korban
Tindak Kekerasan
Untitled Document Pencarian detail

IND | ENG
Untitled Document
Untitled Document
   
PENCARIAN DETAIL
Keyword:
Kanal:
Kasus :
Isu :
hak :
Aktor Pelaku :
Wilayah :
Periode: -


SIARAN PERS
Menampilkan 206 Hasil Pencarian
Previous 1 2 3 4 5 6 7 8 9 ... 14 Next All

Penegakkan Hukum dan HAM Belum Menjadi Agenda Pemerintah Hak-Hak Korban Terabaikan
Tgl terbit: Jumat, 28 Desember 2007
Di tahun 2007 kondisi penegakan hukum dan HAM di Sumatera Utara belum menunjukan arah perbaikan, malah justru sebaliknya cenderung mengalami kemunduran. Kekerasan, penyiksaan, teror, indimidasi, perampasan hak, serta pembunuhan yang dilakukan oleh aparat negara mengalami peningkatan yang sangat tajam. Bahkan tahun 2007 diakhiri dengan kematian seorang nelayan akibat penembakan aparat TNI AL.
Surat Terbuka untuk KOMNAS HAM : Mendesak Pembentukan Tim Ad Hoc untuk Kasus-kasus Penggalian Kuburan yang Diduga Korban Konflik di Aceh
Tgl terbit: Rabu, 26 Desember 2007
Sehubungan dengan surat kami tanggal 30 Januari 2006 dengan nomor surat 65/SK/KontraS-Aceh/I/2006 perihal Surat Terbuka untuk KOMNAS HAM tentang Penggalian Kuburan Korban Konflik di Aceh, kami meminta kepada Komnas HAM agar dapat segera membentuk tim ad hoc untuk melakukan penyelidikan dan verifikasi terhadap kuburan-kuburan yang diduga korban konflik di Aceh dengan melibatkan unsur tim forensik, kepolisian, masyarakat dan unsur organisasi HAM, dan memantau temuan kuburan korban konflik tersebut di kemudian hari.
Pernyataan Bersama:
Mengenai Kekerasan Dan Penyerangan Tehadap Jemaat Ahmadiyah Di Manislor Kabupaten Kuningan Jawa Barat

Tgl terbit: Rabu, 19 Desember 2007
Penyerangan dan kekerasan terhadap Jemaat Ahmadiyah oleh kurang lebih 1000 masa di Manislor Kabupaten Kuningan Jawa Barat (18/20), telah mengakibatkan 3 orang mengalami luka-luka (termasuk 1 terkena tusukan), 2 Mesjid rusak berat dan 8 rumah milik jemaat Ahmadiyah rusak (termasuk 4 rumah rusak).
Keprihatinan Atas Kasus Jeneponto Keprihatinan Atas Kasus Jeneponto
Tgl terbit: Selasa, 11 Desember 2007
Pekan lalu, kami prihatin dan mempersoalkan tindakan warga yang menikam anggota kepolisian Rumbia, Jeneponto. Tindakan ini jelas melanggar hukum dan pelakunya harus ditindak secara hukum. Tindakan hukum harus ditempuh secara profesional, proporsional dan netral dalam penyelesaian kasus tersebut.
Jurnalis Tolak Kekerasan!
Tgl terbit: Jumat, 07 Desember 2007
Kebebasan pers di Indonesia yang ditandai denganberakhrinya recim orde baru, soeharto pada 1998 silam, kini sudah berusia hampir 10 tahun. Setelah satu dekade, tentu wajar banyak orang yang beharap kesadaran akan keterbukaan informasi publik dan keselamatan profesi jurnalis. Sebagai ujung tombak kontrol terhadap lembaga lembagapublik makin meningkat.
Usut Kekerasan Terhadap Petugas Polisi Rumbia, Jeneponto
Tgl terbit: Jumat, 07 Desember 2007
KontraS menyesalkan terjadinya aksi kekerasan yang terjadi di Jeneponto terkait eksekusi putusan Pengadilan Negeri Jeneponto tentang sengkata lahan seluas 20000 meter per segi di Desa Rumbia, Kecamatan Rumbia, Jeneponto. Aksi kekerasan seorang warga yang menikam anggota kepolisian merupakan perbuatan yang jelas melanggar hukum dan sama sekali tidak bisa dibenarkan. Karena itu perlu segera ditempuh proses hukum bagi orang yang terbukti sebagai pelakunya.
Catatan Peringatan Hari HAM 2007 Catatan Peringatan Hari HAM 2007
Tgl terbit: Jumat, 07 Desember 2007
Tahun 2007 adalah saat dimana pengaruh prakarsa publik atas negara mulai terasa. Masyarakat mampu melepaskan diri dari kubang kekecewaan, membangun kemandirian untuk mengejar keadilan yang gagal disediakan oleh pemerintah. Sampai disini, perbaikan kondisi HAM di Indonesia mulai menampakkan potensi-nya.
Protes Keras Penangkapan dan Deportasi Aktivis GAIA di Bandung
Tgl terbit: Rabu, 05 Desember 2007
Kami menyampaikan protes keras terhadap penangkapan 3 orang aktivis Bali Fokus dan Global Alliance on Incinerator Alternative/Global Anti Incinerator Aliance (GAIA), yaitu Gigie Cruz (GAIA, Philippines), Neil Tangri (GAIA, USA) dan Shibu Nair (Thanal, India) di Bandung, pada 2 Desember 2007. Ketiga orang aktivis tersebut akhirnya di “deportasi” dari Indonesia pada 4 Desember 2007 tanpa disertai surat resmi yang berkaitan dengan tindakakn keimigrasian serta dengan alasan yang tak jelas.
Kekerasan terhadap Kelompok Minoritas Muslim di Bangil, Pasuruan
Tgl terbit: Senin, 03 Desember 2007
Tim Pembela Kebebasan Beragama, KontraS dan LBH Jakarta menyesalkan terjadinya aksi kekerasan dan pengrusakan mesjid dan rumah yang dilakukan oleh sekelompok massa berjumlah 200an orang kepada kelompok minoritas muslim di Bangil, Jawa Timur pada pukul 00.15 WIB, 26 November 2007 di tengah pemukiman penduduk.
Penyelesaian Pelanggaran Berat HAM di Aceh
Tgl terbit: Senin, 26 November 2007
Kami dari KontraS, KontraS Aceh, Federasi KontraS, SPKP HAM (Solidaritas Persaudaraan Korban Pelanggaran HAM) Aceh dan Keluarga Korban Pelanggaran HAM (KKP HAM) Aceh Besar serta Komunitas Korban HAM Pelanggaran HAM (K2HAU) Aceh Utara, meminta Komnas HAM segera melakukan penyelidikan atas rangkaian pelanggaran berat HAM yang terjadi di Aceh pada masa Daerah Operasi Militer ("DOM"), paska DOM maupun pada Darurat Militer/Darurat Sipil.
Terkait Kasus Kriminalisasi 8 Staf LBH Banda Aceh Penegak Hukum Bungkam Konflik Tanah
Tgl terbit: Kamis, 22 November 2007
Banda Aceh †Aliansi Peduli Korban Bumi Flora (APKBF) menyesalkan sikap aparat penegak hukum yang masih melanjutkan penyidikan terhadap 8 staf LBH Banda Aceh terkait perkara tindak pidana kejahatan terhadap ketertiban umum dengan menyiarkan, mempertontonkan, atau menempelkan tulisan yang isinya menghasut di muka umum dengan lisan atau tulisan sebagaimana yang dimaksud dalam pasal 160 Jo 161 Jo 55 KUHPidana. Ke-8 staf LBH tersebut beserta berkas perkaranya
KEMATIAN DEWI PURWANTI HARUS DI USUT, DENPOM SIANTAR HARUS TRANSPARAN.
Tgl terbit: Kamis, 15 November 2007
Kematian Dewi Purwanti (19) mahasiswi tingkat II Akademi Kebidanan (Akbid) Pematang Siantar yang melibatkan oknum anggota Yonif 122 Siantar pada 16 Oktober 2007 lalu menyisakan banyak kejanggalan. Di hari yang naas itu Dewi diajak jalan-jalan oleh temannya berinisial RN (22) seorang anggota Yonif 122 Pematang Siantar berpangkat Praka ke Parapat. Namun karena hingga sore Dewi belum pulang, orang tua Dewi, Tugimin menelepon Dewi melalui telpon gengam yang dimilikinya.
MENDORONG PEMERINTAH UNTUK MEMBERIKAN AKSES LUAS BAGI PELAPOR KHUSUS PBB PENYIKSAAN BERKUNJUNG KE PAPUA
Tgl terbit: Rabu, 14 November 2007
Kurang lebih 9 bulan dalam tahun 2007, Indonesia di kunjungi tiga pejabat tinggi HAM PBB diantaranya Hina Jilani (Utusan Khusus Sekjen PBB untuk Pembela HAM), datang untuk melihat kondisi para pembela HAM pada bulan Juni, Louise Abrour (Ketua Komisi Tinggi HAM PBB ) bulan Juli dan Prof. Manfred Nowak Pelapor Khusus PBB mengenai penyiksanaan.
MENDESAK PELAPOR KHUSUS PBB MENGENAI PENYIKSAAN MENDATANGI SULAWESI TENGAH
Tgl terbit: Selasa, 13 November 2007
Mr. Manfred Nowak, Pelapor Khusus atau Special Rapporteur PBB mengenai penyiksaan, akan berkunjung ke Indonesia pada 10-25 November 2007 atas undangan Pemerintah Indonesia. Kami dari Kelompok Kerja untuk Advokasi Menentang Penyiksaanâ€Sulawesi Tengah (Sulteng), menyambut baik rencana kedatangan Special Rapporteur, Mr Manfred Nowak, untuk Penyiksaan, pada bulan November 2007
Agendakan Kembali Penuntasan Kasus Trisakti, Semanggi I dan Semanggi II
Tgl terbit: Senin, 12 November 2007
Besok, 13 November 2007, tepat sembilan tahun kasus Semanggi I (1998). Pada tahun kesembilan ini terlihat bentuk pengingkaran negara dalam menuntaskan kasus Semanggi I (Trisakti, Semanggi I dan Semanggi II), terutama dari Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono, Kejaksaan Agung dan DPR RI. Kondisi ini, selain membuktikan ketiadaan penegakan hukum, memperlihatkan diskriminasi konstitusional terhadap para korban.

Untitled Document
ARTIKEL TERPOPULER

Dua Tahun Pemerintahan Widodo-Kalla: Minim Prestasi, Gemar Klaim Sepihak Keberhasilan Penegakan Hukum Dan HAM
Hilangnya Wiji Thukul
Penembakan dan Pembunuhan Sewenang – Wenang di Enarotali, Paniai;
Segera Bentuk Tim Independen, Pulihkan Korban dan Masyarakat;

Peringatan Hari HAM Sedunia 10 Desember 2014
HAM hari ini: Siapa yang akan bertanggung jawab?

Surat Terbuka :
"Mendesak Komnas HAM untuk Membentuk Tim Penyelidikan Terkait Dugaan Peristiwa Kejahatan Terhadap Kemanusiaan di Paniai"

Komnas HAM Harus Segera Keluarkan Rekomendasi Hasil Penyelidikan Kasus Pelanggaran HAM Berat Aceh
Pemerintah Indonesia Tidak Pro HAM dan Demokrasi Dengan Kembali Abstain dalam Resolusi PBB Terhadap Korea Utara
Bentrokan TNI Vs Polri: Ancaman Atas Rasa Aman Bagi Masyarakat
Peringatan 66 Tahun Hari HAM Internasional :
Hentikan Penyiksaan dan Penuhi Hak-Hak Korban

Komnas HAM dan Kejaksaan Agung harus Segera Panggil AM. Hendropriyono
Pembebasan Pollycarpus: Negara tidak berdaya terhadap pelaku kejahatan kemanusian
Menanggapi pro dan kontra Pengakuan Prabowo Subianto atas keterlibatannya dalam kasus penculikan aktivis 1997-1998
Surat Terbuka: Desakan kepada Panglima TNI untuk menindak tegas anggota TNI pelaku penyerbuan terhadap petugas Satpam Kramat Jati
Proses Penyelesaian Kasus Penculikan dan Pelanggaran HAM
Mempertanyakan Komitmen Indonesia sebagai Anggota Dewan HAM PBB Periode 2015 – 2018
Surat Terbuka: Desakan kepada Kapolri untuk mengusut Tuntas Praktik Mafia Perdagangan Orang di institusi Polda NTT
Pernyataan Sikap Bersama 16 Tahun Tragedy Semanggi I Presiden, Pilihlah Jaksa Agung Bermental Baja
Hentikan Perampasan Tanah, Intimidasi, Kekerasan dan Kriminalisasi Terhadap Petani Takalar, Sulawesi Selatan
Kedatangan dan Tuntutan Keluarga Tengku Bantaqiyah
Laporan Lanjutan Kerusuhan Sambas
15 tahun Tragedi Semanggi I : Mereka Lupa, Kami Luka
Surat : Penolakan Pemberian Gelar Pahlawan Bagi (alm.) Soeharto
Potret Penanganan Kasus Pelanggaran HAM di Papua Komnas HAM Gagal Menghadirkan Keadilan
POLEMIK PENYELESAIAN KASUS PELANGGARAN HAM
English
Presiden Jokowi; Pilih Jaksa Agung yang Berani Melakukan Penyidikan Kasus Pelanggaran HAM Berat
Media Sosial |        
KABAR TERKINI
Untitled Document
SIARAN PERS
BERITA
OPINI
DATA
KEGIATAN
KAMPANYE
Untitled Document

Copyright © 2015 | www.kontras.org
JL. Kramat II No. 7, Kwitang, Senen | Jakarta Pusat 10420
Tlp: 021-3919097, 3919098 | Fax: 021-3919099 | Email: kontras_98@kontras.org | Webmaster: pemelihara@kontras.org