Untitled Document
Komisi untuk Orang Hilang dan Korban
Tindak Kekerasan
Untitled Document Pencarian detail

IND | ENG
Untitled Document
Untitled Document
   
KEGIATAN
Berjuang untuk Hak Asasi Manusia Pameran Foto Pembela HAM dan Seri Diskusi Hak Asasi Manusia Auditorium Prof. Mattulada, Fakultas Sastra UNHAS, 28 ? 29 November 2013



Tgl terbit: Selasa, 03 Desember 2013

Komisi Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) ketiga kalinya dalam tahun 2013 menggelar pameran foto Pembela HAM. Kegiatan ini berlangsung di halaman dan auditorium Prof. Mattulada Fakultas Sastra Universitas Hasanuddin di Makassar, Sulawesi Selatan. Kegiatan serupa sebelumnya di selenggarakan di Jakarta dan Bandung. Pelaksanaan di Makassar merupakan kolaborasi kerja antara KontraS dan Badan Eksekutkif Mahasiswa (BEM) Fakultas Sastra Unhas selama dua hari, 28-29 November 2013.

Kegiatan ini bertemakan “Berjuang untuk Hak Asasi Manusia” dengan konsep acara yang elegan, diskusi publik dihadiri oleh mahasiswa dan civitas academika Universitas Hasanuddin, selanjutnya diramaikan dengan performa oleh sanggar seni teater mahasiswa Fakultas Sastra Unhas.

Pada pembukaan acara, turut hadir Koordinator kontraS, Haris Azhar yang juga merupakan pembicara pada diskusi publik yang bertema "demokrasi dan perlindungan HAM". Dalam pemaparan materinya, Haris mengawali pembicaraannya dengan memperkenalkan konsep pembela HAM dan para pejuang pembela HAM seperti Munir, Marsinah, dll. Selain itu, Haris mengenalkan profil kontraS, bagaimana HAM diperjuangkan, serta review sejarah berdirinya kontraS di wilayah Sulawesi.

Para peserta diskusi terlihat antusias dan terbawa suasana dalam diskusi yang hangat, pada sesi tanya-jawab beberapa peserta berkesempatan sharing dan bertanya kepada narasumber. Pertanyaannya mengarah pada pencarian solusi atas sikap para mahasiswa yang di era reformasi ini cendrung apatis merespon permasalahan pelanggaran HAM yang terjadi, khususnya didaerahnya sendiri. Peserta lainnya juga mepertanyakan sikap aktivis yang mudah terperangkap pada politik praktis, demikian pula dengan kondisi gerakan mahasiswa yang terus melemah.

Pada kegiatan pameran foto Pembela HAM, tidak hanya menampilkan foto pembela HAM di level Nasional, seperti Munir, Widji Tukul maupun Marsinah. Para pembela HAM dari wilayah Kepulauan Sulawesi  juga mendapat tempat yang sejajar dalam sesi pameran foto, mereka adalah Dedeng Alwi, yang merupakan aktivis reforma agraria dan pendiri KontraS Sulawesi, Hedar Laudjeng, pejuang reforma agraria dan pembela hak-hak warga dalam merebut hak adatnya. Kedua pembela HAM ini berasal dari Palu, Sulawesi Tengah. Dua perempuan pembela HAM yang berasal dari Sulawesi Selatan juga ditampilkan, mereka adalah Den Upa Robelayuk, pejuang HAM yang berasal dari Toraja dan menjadi inisiator perjuangan masyarakat adat merebut hak-haknya. Andi Inda Fatinaware, mantan Direktur Walhi Sulsel yang dikriminalisasi oleh mantan Kapolda Sulsel, Yusuf Manggabarani. Inda dikriminalisasi oleh Polri karena telah membela hak-hak masyarakat melawan ekspansi modal PT. Lonsum yang dibackup oleh Polda Sulsel saat itu. Seorang pejuang hak ulayat, Ibu Aisyah yang berasal dari Kontu Muna Sulawesi Tenggara juga di tampilkan dalam acara pameran foto ini. Ibu Aisyah hadir pada acara pameran foto dan menyampaikan testimonynya mengenai perjuangan masyarakat adat kontu melawan kebijakan negara di sektor kehutanan yang merampas hak-hak adat masyarat di Kontu Muna.

Kegiatan ini dilatar belakangi oleh keprihatinan para Pembela HAM yang hingga hari ini pemerintah belum menyediakan proteksi untuk lingkungan yang aman bagi mereka bekerja. Kegiatan ini mempertimbangakn keterewakilan sosok pembela HAM berdasarkan wilayah dan isu yang diperjuangankan dengan tujuan sebagai bentuk kampanye KontraS dalam mendorongan perlindungan bagi para pembela HAM di Indonesia.



Isu terkait:


Wilayah terkait:


Aktor Pelaku terkait:

Dilihat : 1,388 kali

Untitled Document
ARTIKEL TERPOPULER

Dua Tahun Pemerintahan Widodo-Kalla: Minim Prestasi, Gemar Klaim Sepihak Keberhasilan Penegakan Hukum Dan HAM
Hilangnya Wiji Thukul
Penembakan dan Pembunuhan Sewenang – Wenang di Enarotali, Paniai;
Segera Bentuk Tim Independen, Pulihkan Korban dan Masyarakat;

Peringatan Hari HAM Sedunia 10 Desember 2014
HAM hari ini: Siapa yang akan bertanggung jawab?

Surat Terbuka :
"Mendesak Komnas HAM untuk Membentuk Tim Penyelidikan Terkait Dugaan Peristiwa Kejahatan Terhadap Kemanusiaan di Paniai"

Komnas HAM Harus Segera Keluarkan Rekomendasi Hasil Penyelidikan Kasus Pelanggaran HAM Berat Aceh
Pemerintah Indonesia Tidak Pro HAM dan Demokrasi Dengan Kembali Abstain dalam Resolusi PBB Terhadap Korea Utara
Bentrokan TNI Vs Polri: Ancaman Atas Rasa Aman Bagi Masyarakat
Peringatan 66 Tahun Hari HAM Internasional :
Hentikan Penyiksaan dan Penuhi Hak-Hak Korban

Komnas HAM dan Kejaksaan Agung harus Segera Panggil AM. Hendropriyono
Pembebasan Pollycarpus: Negara tidak berdaya terhadap pelaku kejahatan kemanusian
Menanggapi pro dan kontra Pengakuan Prabowo Subianto atas keterlibatannya dalam kasus penculikan aktivis 1997-1998
Surat Terbuka: Desakan kepada Panglima TNI untuk menindak tegas anggota TNI pelaku penyerbuan terhadap petugas Satpam Kramat Jati
Proses Penyelesaian Kasus Penculikan dan Pelanggaran HAM
Mempertanyakan Komitmen Indonesia sebagai Anggota Dewan HAM PBB Periode 2015 – 2018
Surat Terbuka: Desakan kepada Kapolri untuk mengusut Tuntas Praktik Mafia Perdagangan Orang di institusi Polda NTT
Pernyataan Sikap Bersama 16 Tahun Tragedy Semanggi I Presiden, Pilihlah Jaksa Agung Bermental Baja
Hentikan Perampasan Tanah, Intimidasi, Kekerasan dan Kriminalisasi Terhadap Petani Takalar, Sulawesi Selatan
Kedatangan dan Tuntutan Keluarga Tengku Bantaqiyah
Laporan Lanjutan Kerusuhan Sambas
15 tahun Tragedi Semanggi I : Mereka Lupa, Kami Luka
Potret Penanganan Kasus Pelanggaran HAM di Papua Komnas HAM Gagal Menghadirkan Keadilan
Surat : Penolakan Pemberian Gelar Pahlawan Bagi (alm.) Soeharto
POLEMIK PENYELESAIAN KASUS PELANGGARAN HAM
English
Presiden Jokowi; Pilih Jaksa Agung yang Berani Melakukan Penyidikan Kasus Pelanggaran HAM Berat
Media Sosial |        
KABAR TERKINI
Untitled Document
SIARAN PERS
BERITA
OPINI
DATA
KEGIATAN
KAMPANYE
Untitled Document

Copyright © 2015 | www.kontras.org
JL. Kramat II No. 7, Kwitang, Senen | Jakarta Pusat 10420
Tlp: 021-3919097, 3919098 | Fax: 021-3919099 | Email: kontras_98@kontras.org | Webmaster: pemelihara@kontras.org